Wajib Tahu, Ini Tips dan Trik Membuat Password yang Kuat dan Mudah Diingat

Menentukan kata sandi atau password bisa jadi perkara yang gampang gampang susah. Untuk membuat password, ada ‘syarat’ yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Memiliki minimal 6-8 karakter
  • Terdapat HURUF BESAR (A, B, C)
  • Terdapat huruf kecil (a, b, c)
  • Terdapat angka (1, 2, 3)
  • Terdapat simbol unik yang ada di keyboard (~, !, @, #, $, %, ^, &, *, ( ), { }, [ ], -, _, +, =, :, ;, “, < >, ?, /)

Meski begitu, masih banyak terjadi kasus peretasan akun atau pencurian identitas yang disebabkan oleh password yang kurang kuat. Lantas apa saja yang harus diperhatikan agar anda terhindar dari masalah tersebut? Berikut tips yang bisa anda aplikasikan:

Hindari Menggunakan Data Pribadi dan Kata yang Terlalu Umum

Menggunakan kata yang terlalu umum sebagai password dapat berisiko menyebabkan pembobolan akun. Hindarilah kata-kata berikut agar akun anda tidak mudah diretas:

123456qwertybismillahiloveyou
alhamdulillah11111passwordabc123

Kata-kata diatas hanya sedikit dari contoh password yang umum digunakan. Jika anda bingung memilih password, gunakanlah kombinasi yang acak namun mudah diingat. Hindari menggunakan kata-kata yang relasinya dekat dengan anda, seperti tanggal lahir, nama kerabat atau nama almamater.

Gunakan Passphrase

Meski sangat direkomendasikan, password yang kompleks juga memiliki kekurangannya sendiri, yaitu lebih sulit diingat. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan Passphrase. Passphrase merupakan gabungan dari 3 kata atau lebih, yang dikombinasikan menjadi sebuah kata sandi. Idealnya Passphrase berisi 20-30 karakter yang terdiri dari huruf kapital, huruf kecil, angka serta simbol.

Sebagai contoh, mari gunakan kalimat  “Tikus makan sabun dua kotak!”.

Kalimat ini bisa anda ubah menjadi berbagai kombinasi passphrase, misalnya “KusKanBun2Tak!” atau “TikMakSab2Kot!” dan sebagainya.

Dengan menggunakan passphrase, anda bisa memilih kalimat seacak mungkin tanpa kesulitan mengingatnya. Anda bisa gunakan kutipan buku atau lirik lagu favorit untuk dijadikan passphrase.

Gunakan Bantuan Password Generator

Apabila masih kesulitan menentukan password, anda bisa manfaatkan servis Password Generator. Dengan menggunakan mesin pencari, anda bisa menemukan banyak situs penyedia servis Password Generator. Anda juga bisa menentukan jumlah karakter dan jenis simbol yang ingin anda kombinasikan. Tidak hanya itu, beberapa situs Password Generator juga menyediakan ‘contekan’ yang bisa anda gunakan agar lebih mudah menghapal.

Setelah menentukan password yang lebih kuat, jangan lupa untuk mengganti password anda secara berkala. Jangka waktu yang direkomendasikan untuk mengganti password adalah setiap 2-3 bulan sekali, atau saat keadaan mengharuskan, misalnya ada orang lain yang mengetahui password anda atau saat anda menerima notifikasi perubahan password yang tidak anda lakukan. Selamat berselancar di dunia maya dengan lebih aman!