Terapkan Tips Ini Untuk Belanja Online Yang Lebih Aman

Berbelanja online memang menyenangkan. Tanpa perlu keluar rumah, anda sudah bisa membeli kebutuhan anda hanya dengan sekali klik. Dengan belanja online, anda juga membantu memutus rantai pandemi COVID-19.

Meski begitu, berbelanja online memiliki kekurangannya sendiri. Pada akhir 2020, Pusat Keamanan Siber Nasional Badan Siber dan Sandi Negara mencatat kejahatan siber di Indonesia sejak awal pandemi terjadi sebanyak 190 juta kali, naik empat kali lipat dibanding tahun 2019 yang tercatat di kisaran 39 juta kali. Banyak sekali, ya? Semudah apapun berbelanja online, tetap dibutuhkan kehatian-hatian dalam melakukannya. Lantas upaya apa saja yang bisa dilakukan agar anda terhindar dari kejahatan siber yang disebabkan oleh online shopping? Simak tips-tips berikut:

Periksa Track Record Seller

Mencari tahu apakah seller merupakan seller terpercaya memang gampang gampang susah, namun bukan tidak mungkin. Anda bisa perhatikan akun media sosial atau situs seller serta review customer yang sudah bertransaksi di situs tersebut. Selain itu, pastikan bahwa seller memiliki alur complain atau retur barang yang jelas apabila ada kekurangan terhadap barang yang dipesan.

Cermati Alamat Situs yang Digunakan oleh Seller

Terkadang ada penipu yang menggunakan alamat situs yang mirip dengan situs belanja online favorit anda, dengan harapan anda akan terkecoh. Apabila henda bertransaksi menggunakan kartu, pastikan bahwa situs yang anda kunjungi diawali dengan htpps:// karena itu berarti data transaksi anda sudah terenkripsi dan sulit dibobol. Untuk menambah proteksi, anda juga bisa menggunakan password yang kuat serta VPN untuk menghindari pencurian identitas.

Hindari Berbelanja Online di Perangkat yang Bisa Diakses Banyak Orang

Perangkat milik umum seperti komputer di warung internet bisa saja sudah disisipi program-program yang bisa mencatat aktivitas berinternet anda. Hal yang sama bisa terjadi jika anda berbelanja di ponsel milik kenalan anda. Sebaiknya hindari penggunaan perangkat yang bisa berpindah tangan dan selalu gunakan perangkat milik sendiri saat berbelanja online.

Hati-hati Terhadap Promo yang Berlebihan

Anda mungkin pernah mampir ke situs yang menawarkan diskon besar-besaran, atau program berlangganan yang sangat murah. Meski menggiurkan, terkadang metode ini digunakan oleh para penjahat siber untuk mencuri identitas anda. Berhati-hatilah bila anda hendak memasukkan informasi pribadi di situs seperti ini.

Meski terkesan simple, berbelanja secara online juga memerlukan kecermatan dan kehati-hatian, karena para pelaku kejahatan siber semakin lihai dan metode yang digunakan pun semakin canggih. Dengan bersikap cermat, anda bisa terhindar dari musibah yang tidak diinginkan.