“Duh, Keretanya Jam Berapa Ya?”, Gak Usah Bingung, Cek Aplikasi Aja!

Pengguna setia KRL Jabodetabek dan Yogya – Solo pasti sudah familiar dengan aplikasi yang bernama KRL Access, bahkan mungkin sudah menjadi aplikasi yang wajib dibuka setiap hari. KRL Access merupakan sebuah aplikasi yang dibuat untuk menunjang kenyamanan perjalanan para pengguna KRL dan sangat informatif.

Aplikasi KRL Access memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap, mulai dari Jadwal keberangkatan KRL, posisi KRL real time, peta rute KRL Jabodetabek dan Yogya – Solo, informasi kepadatan stasiun, informasi tarif perjalanan, informasi saldo Kartu Multi Trip (KMT), sampai informasi jumlah gerbong dalam satu rangkaian KRL pun tersedia.

Kita kupas yuk! Apa aja sih yang ada didalam aplikasi KRL Access?

  • Beranda

Ketika kita mengakses aplikasi KRL Access, langsung muncul Beranda yang berisikan info lintas disetiap jalur. Info ini berisi tentang keadaan jalur lintas dan selalu actual dalam menginformasikan apabila terjadi gangguan perjalanan KRL. Di Beranda juga terdapat side bar kiri dan pop up menu pada pojok kanan bawah yang berisikan fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi KRL Access

  • Info Kepadatan Stasiun

Fitur ini digunakan apabila kita ingin mengetahui sepadat apa sih kondisi stasiun keberangkatan atau stasiun tujuan kita? Mengingat kita masih ada didalam pandemic Covid-19, informasi ini sangat berguna lho sehingga kita bisa menghindar dari kerumunan

  • Jadwal Kereta

Nah, pada fitur ini, kita dapat melihat jadwal perjalanan KRL yang dikategorikan sesuai dengan nama stasiun keberangkatan. Misal, kita ingin menggunakan KRL dari Stasiun Manggarai, maka kita hanya tinggal memasukkan informasi stasiun keberangkatan kita dan estimasi jam keberangkatan, setelah itu akan muncul pilihan jadwal keberangkatan KRL dari stasiun yang kita kehendaki sesuai dengan jam keberangkatan yang kita rencanakan.

  • Posisi Kereta

Informasi posisi kereta sepertinya krusial ya untuk pengguna KRL daily, apalagi untuk pengguna yang melakukan transit untuk berpindah kereta, belum lagi ditambah pemberlakuan Switch Over 5 yang berdampak ke perubahan jadwal perjalanan KRL. Pada fitur ini, kita dapat melihat posisi KRL yang akan kita naiki sudah berada di stasiun mana, estimasi waktu tempuh, bahkan sampai ke jumlah gerbong (stamformasi atau yang biasa disingkat menjadi SF) yang terdapat dalam satu rangkaian KRL, dan semuanya real time!

  • Informasi Saldo KMT

Lupa saldo Kartu Multi Trip kita berapa? Jangan khawatir, aplikasi KRL Access menyediakan fitur untuk mengecek saldo KMT yang kita miliki. Dapat diakses melalui sidebar kiri lalu klik pilihan “Kartu Multi Trip (KMT)” lalu ikuti instruksi selanjutnya. Pastikan perangkatnya sudah memiliki NFC ya!

  • Tarif Perjalanan

“Kalau dari Bogor ke Manggarai biasanya bayar berapa sih?”, tenang, kita gak perlu bingung karena aplikasi KRL Access sudah menyediakan fitur informasi Tarif Perjalanan, letaknya ada di sidebar kiri ya! Caranya, masukkan Stasiun Keberangkatan dan Stasiun Tujuan, lalu klik Hitung Tarif, nanti akan muncul informasi tarif perjalanan yang harus kita bayar.

  • Peta Rute KRL

Bingung harus ambil KRL jurusan mana untuk mencapai stasiun tujuan? No worries buka aja Aplikasi KRL Access, klik fitur “Rute KRL” pada sidebar kiri, disitu terdapat peta rute KRL Jabodetabek dan Yogya – Solo terbaru yang bisa kita gunakan sebagai panduan. Aplikasi KRL Access memberikan kita kemudahan ketika sedang bepergian menggunakan KRL Jabodetabek dan Yogya – Solo. Jadi gak takut nyasar atau ketinggalan KRL kan?