Baiknya Beli Laptop Yang Seperti Apa Ya?

Membeli atau mencari laptop itu seperti mencari pasangan. Kenapa begitu? karena dalam memilih laptop, tidak hanya bedasarkan bentuk fisik dan penampilannya saja, tetapi juga harus sesuai. Sesuai disini maksudnya, “pas” untuk kebutuhan dan tujuan membeli laptop yang akan kita gunakan nanti, “pas” dalam pemakaian, kenyamanan, serta tentunya “pas dengan budget yang kita miliki juga.

Membeli laptop dengan harga terjangkau, spesifikasi sesuai dengan kebutuhan, dan kualitas baik merupakan pertimbangan awal sebelum memutuskan untuk membeli laptop. Ada banyak jenis laptop di pasaran, seperti Netbook, Notebook, dan Laptop itu sendiri. Pahami perbedaan spesifikasi diantara jenis laptop tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu sebelum membeli. Simak yuk perbedaan ketiganya:

  • Netbook memiliki ukuran layar berkisar antara 6-13 inch, dan umumnya tidak memiliki spesifikasi yang tinggi, biasanya pada netbook hanya ditanam processor kelas menengah kebawah, dan juga tidak dibekali dengan DVD-ROM.
  • Notebook sendiri memiliki ukuran layar 13.1-18 inch, spesifikasi yang ditawarkan sudah diatas spesifikasi netbook dan hampir setara dengan PC biasa, notebook juga sudah ditanamkan processor yang cukup mumpuni, kapasitas harddisk yang cukup besar, biasanya dibekali dengan DVD-ROM, tetapi ada juga notebook yang tidak menyertakannya karena tuntutan dalam segi penampilan dari notebook itu sendiri.
  • Laptop biasannya memiliki ukuran paling besar dengan ukuran layar diatas 18 nch dan tentunya juga lebih berat. Namun, sekarang ini cukup sulit membedakan antara laptop dan notebook, karena notebook adalah regenerasi dari laptop, dapat dikatakan notebook adalah bentuk laptop yang terus berevolusi mengikuti perkembangan teknologi. Ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum membeli laptop. Berikut ini informasi tentang hal-hal yang sebaiknya diperhatikan agar tidak salah dalam membeli dan kamu bisa mendapatkan laptop terbaik sesuai kebutuhan

Hal lain yang juga harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli laptop:

Pahami kebutuhanmu

Sebaiknya kamu harus memperhatikan kebutuhanmu sendiri, mau dipakai untuk apa laptop yang akan kamu beli nantinya. Entah itu untuk mendesain dan mengedit file berat seperti foto atau video, untuk kebutuhan-kebutuhan ringan seperti mengerjakan tugas yang berhbungan dengan sekolah atau pekerjaan, atau untuk kebutuhan bermain games berat yang tentunya membutuhkan spesifikasi yang tinggi.

Cari tahu dan kenali berbagai macam merk dan jenis laptop

Penting juga untuk memperhatikan jenis laptop seperti apa yang akan kamu beli nanti, disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki (yang seringnya menjadi kendala dalam memilih antara keinginan dan kebutuhan). Ada banyak merk yang beredar di pasaran seperti Toshiba, Asus, Acer, Apple, Lenovo, Dell, dan lain-lain. Pertimbangkan reputasi merk tersebut, misalnya Toshiba yang dikenal sebagai laptop tahan banting dan memiliki umur pakai lebih lama dibandingkan dengan brand lain, Asus yang memiliki layanan service terbaik dan sebagainya. Ingat, jangan membeli laptop hanya karena merk tersebut populer.

Sesuaikan dengan budget-mu

Memahami standar yang kamu butuhkan serta mengetahui spesifikasi laptop yang dijual di pasaran membuat kamu lebih mudah dalam menyesuaikan kebutuhanmu dengan budget yang kamu miliki. Untuk skala bisnis, hal ini bisa jauh lebih menghemat pengeluaran perusahaan, sedangkan untuk skala pribadi, memilih laptop yang tepat bisa mempermudah pekerjaan dengan laptop yang kompatibel sesuai dengan kebutuhan.

Pastikan kemudahan servis dan garansi

Garansi adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih laptop, karena biasanya lamanya waktu garansi dapat menjadi acuan suatu produk itu memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Beberapa jenis laptop hanya memberikan garansi selama 1 tahun. Sedangkan ada merk lain yang berani memberikan garansi hingga 2 atau 3 tahun. Pastikan juga seberapa jauh garansi tersebut bisa mengganti kerusakan laptop. Apakah hanya mengganti suku cadang atau sampai mengganti laptop dengan unit yang baru jika terjadi kerusakan parah.

Perhatikan harga jual Kembali

Kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu jenis dan merk laptop yang harga jual kembalinya tidak terlalu jauh, karena bukan tidak mungkin nanti kamu berniat untuk menjualnya lagi, mungkin karena sudah bosan, ingin upgrade, atau ada kebutuhan mendadakk lain yang lebih penting.

Nah, sekarang pengetahuan kamu tentang apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum membeli laptop sudah bertambah. Semoga penjelasan diatas dapat menjadi saran atau solusi yang mudah kamu terapkan nantinya. Ingat, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget-mu ya!.